1001malam.com Ciptakan Dashboard Tour Operator agar Penyedia Paket Wisata Tanah Air Mampu Bersaing di Kancah Internasional

PRESS RELEASE
Surabaya, 6 Juni 2016

Salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh para pelaku bisnis penyedia jasa layanan wisata atau para operator tour UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah kurang menariknya kemasan serta strategi promosi yang dilakukan.

Bahkan menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, selama ini para operator UMKM hanya mengandalkan apa yang mereka punyai saja dan menggunakannya secara regular. Memang cukup masuk akal sekaligus memprihatinkan karena jika didorong untuk lebih maju, terutama di era teknologi maju seperti sekarang ini agar mampu bersaing dan memiliki daya jual tinggi, dana yang dipunyai para penyedia jasa masih terlalu terbatas.

Ditambah lagi, tidak sedikit dari mereka yang masih mengaplikasikan proses manual dalam menyusun paket wisata serta menggunakan media promosi ala kadarnya karena terbatas dana untuk membayar jasa desainer.

Tentunya akan sangat berbeda dengan toko barang jadi yang bergerak secara offline atau online dan memiliki produk fisik yang dapat dilihat sampai dengan disentuh, maka dengan cara lama yang dilakukan para tour operator tersebut kurang dapat berhasil dalam menarik minat para wisatawan yang ingin menggunakan jasa mereka.

Oleh karenanya, 1001malam.com sebagai penyedia jasa layanan wisata yang sudah menerapkan strategi pemaksimalan media maya dengan sistem offline-to-online menyediakan fitur tour management (dashboard tour operator) yang berfungsi untuk dapat meningkatkan kualitas penawaran dan promosi.

Fitur ini dapat digunakan oleh setiap tour operator yang sudah tergabung dalam 1001malam.com untuk membuat layout dengan desain brosur penawaran yang menarik dan menjual serta dapat memasukkan katalog paket wisata yang mereka miliki dengan branding perusahaan masing-masing.

Dengan model katalog, maka penataan produk yang ditawarkan akan lebih terlihat clean, professional dan menarik serta membuat para pembeli dengan mudah mempelajari berbagai produk paket wisata yang ditawarkan juga dapat menyentuh kebutuhan atau keinginan dari konsumen.

Selain itu, dashboard tour operator di 1001malam.com juga memiliki fitur CRM Operations Management dan after-sales service. CRM Management merupakan wadah untuk penyimpanan data secara lengkap dan teratur yang dapat digunakan oleh setiap tour operator dalam menyusun atau menata dan melihat setiap orderan yang masuk sampai dengan memangkas risiko hilang data.

Tidak hanya itu saja, CRM Operations Management juga dapat memudahkan para tour operator dalam membuat daftar perincian data seperti checklist penumpang, itenary sampai dengan invoice agar layanan yang diberikan lebih profesional.

Sedangkan fitur after-sales service berfungsi untuk mendapatkan repeat-buyer agar dapat menyelesaikan semua masalah dengan mudah dan cepat ketika ada komplain dari kostumer. Walaupun dirasa penting, terkadang sisi after-sales ini kerap disepelekan oleh banyak tour operator di Tanah Air.

Pembuatan dan penawaran fitur baru terhadap tour operator yang sudah bergabung dalam 1001malam.com ini tentunya memiliki maksud yang cukup nyata, yaitu untuk ikut mengembangkan industri pariwisata di Tanah Air seiring dengan dimulainya program Wonderful Indonesia oleh pemerintah sejak tahun 2015 lalu.

Oleh karenanya, dengan membuat berbagai terobosan, seperti menggandeng ATS dan HOOP Consortium, menggelar konsep Tour Marketplace sampai dengan menawarkan layanan offline-to-online, 1001malam.com ingin agar semua tour operator di Indonesia dapat bersaing dengan para penyedia paket wisata setingkat internasional, terutama di sisi branding dan promosinya.

1001malam.com adalah layanan online hotel booking dengan konsep e-marketplace yang didirikan sejak tahun 2012 di Surabaya, Jawa Timur. 1001malam.com juga memiliki fasilitas online hotel booking dengan sistem offline to online yang dapat membantu para budget traveler atau backpacker yang ingin menginap di penginapan, losmen, vila atau hotel yang tidak memiliki website resmi secara mudah, cepat dan aman.

Contact Person:
Minghadi Suryajaya
0821-3922-1894
([email protected])

admin